11 Tips Jitu membeli Mobil Bekas Tapi Dapat Bagus

Rental Mobil Di Semarang
11 Tips Jitu membeli Mobil Bekas Tapi Dapat Bagus
Rate this post

Tips membeli mobil bekas bagi seorang karyawan / pekerja merupakan alternatif lain untuk mencukupi kebutuhan tersier, sebab melihat kondisi keuangan yang belum cukup mendukung untuk membeli yang mobil baru. Sebelum membeli mobil bekas, Anda terlebih dahulu harus meneliti kondisi mobil tersebut agar tetap mendapatkan mobil bekas yang berkualitas.

Berikut 11 Tips Membeli Mobil Bekas :

1. Cari Informasi Online atau Offline

Hal yang perlu di lakukan mencari informasi mengenai mobil bekas lewat online ataupun offline. Berbagai situs jual mobil bekas menerangkan informasi dengan berbagai merk, tahun. harga dan spesifikasinya.
Catat dan pahami informasinya sehingga tidak menyulitkan Anda ketika memilih mobil bekas secara langsung.

2. Beli dari Pihak Pertama

Orang pertama merupakan pemilik dari mobil bekas tersebut. Jika dibandingkan membeli mobil bekas lewat showroom, dealer ataupun makelar, Anda bisa mencari mobil yang dijual pemiliknya langsung.

3. Tanyakan Latar Belakang Mobil

Tips Membeli Mobil Bekas

Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah latar belakang mobil bekas sebelum membeli sebuah mobil bekas dengan bertanya jawab dengan sang pemilik mobil.

4. Cek Bodi Mobil

Minta ijin untuk melakukan cek fisik terhadap mobil bekas tersebut. Perhatikan kondisi cat mobil, plafon (bagian atas mobil), kondisi ke empat ban apakah masih layak pakai atau tidak, itu merupakan langkah penting mengenai tips membeli mobil bekas berkualitas.

5. Cermati Mesin Mobil

Tips Membeli Mobil Bekas

Setelah melakukan pengecekan pada bagian luar mobil, Anda juga harus memeriksa mesin mobil.
Periksa pada bagian dalam kap mesin, selang-selang mesin mobil, buka tutup oli, pastikan semuanya bebas dari korosi dan kebocoran.
coba angkat tongkat pengukur oli transmisi, pastikan warna oli merah (merah jambu) dan oli dalam kondisi penuh.

6. Periksa Bagian Dalam Mobil

Ada tips membeli mobil bekas yang berkualitas yakni periksa bagian dalam mobil seperti jok dan sarungnya. Hidupkan mesin mobil dan AC agar bisa mengetahui fungsinya masih dalam keadaan baik.
Periksa odometer, untuk kondisi normal pengemudi biasanya akan menempuh jarak 16.000 sampai 24.000 km setahun.

7. Lakukan Test Drive

Tips Membeli Mobil Bekas

Tips lainnya adalah dengan melakukan test drive mobil, dengan mencoba untuk mengendarainya memudahkan Anda memeriksa kenyamanan pada mobil dan keadaan pengeremannya.
Ketika melakukan pengereman untuk kecepatan 50 km/jam, harusnya tiduk menimbulkan getaran di pedal rem (bunyi mendecit).

8. Tanyakan Perkakas Mobil

Anda juga bisa menanyakan perkakas (tool kit) semisal kunci dan obeng yang mencangkup pada penjualan mobil bekas itu.
Bila menerima perkakas tambahan tanpa harus menambah harga jual mobil, ini akan menghemat pengeluaran Anda untuk tidak perlu membeli peralatan tersebut.

9. Tanyakan Asuransi Mobil

Tanyakan kepada pemilik mobil tersebut mengenai kartu atau dokumen resmi yang menyatakan bahwa mobil telah diasuransikan. Balik nama bisa diproses sepanjang dokumen beserta surat juat beli lengkap.

10. Periksa Kelengkapan Surat

Perlu diperhatikan pada surat-surat kendaraan wajib ketika membeli mobil. Lihat keaslian BPKB dan STNK pada mobil, sebab sekarang ini banyak orang ingin memalsukan dokumen penting tersebut untuk menjual mobil hasil curian.

11. Cek Fisik Kelengkapan Surat

Tips Membeli Mobil Bekas

Agar lebih meyakinkan, lakukan cek fisik data dan informasi yang tertera pada BPKB dan STNK di kantor samsat.

Itulah 11 tips membeli mobil bekas yang berkualitas. Jika anda menginginkan pelayanan lebih mengenai mobil bekas, bisa tanyakan kepada tempat kami Doremi Car kami akan dengan senang hati membantu anda.

Semoga Bermanfaat.