8 Kuliner Semarang Yang Tidak Ada Tandingannya

8 Kuliner Semarang Yang Tidak Ada Tandingannya
Rate this post

Salah satu kuliner Indonesia yang paling banyak dan memiliki rasa yang enak adalah kuliner Semarang. Kota kecil yang berada pada ujung utara Jawa ini memiliki banyak sekali tempat untuk berburu kuliner. Percaya atau tidak ketika Anda bertanya pada kalangan food hunter dan food blogger pasti banyak yang menjawab tempat ini yang paling banyak memiliki ciri khas makanan yang paling enak. Itulah mengapa banyak sekali diadakan festival kuliner dari komunitas makanan terbesar yang ada di Semarang. Dibandingkan dengan kota lainnya, Semarang memiliki ciri khas yaitu “warganya suka makan” karena pada jam darurat seperti jam 10 pagi sampai 10 malam banyak orang yang mulai berburu makanan. Disini akan ada daftar kuliner semarang yang wajib Anda kunjungi karena memiliki harga yang sangat murah dengan jaminan kualitas rasa yang tidak terkalahkan.

Menu Kuliner Semarang Yang Lezat

  1. Lumpia Gang Lombok

Makanan khas Semarang adalah lumpia yang berupa gulungan kulit yang terbuat dari tepung dan didalamnya terdapat “bung” atau tunas bambu yang sudah dimasak dengan bumbu lainnya. Salah satu tempat yang menjual lumpia paling enak dan legendaris di Semarang adalah lumpia Gang Lombok. Jika Anda sering mengikuti acara dari Pak Bondan pasti tahu tentang tempat ini karena sering sekali banyak food hunter yang menyiapkan tempat ini sebagai tujuan teratas saat berkunjung ke Semarang. Anda akan mendapatkan rasa renyah pada bagian kulit tersebut dan mulai merasakan rasa unik dari tunas bambu yang berpadu dalam mulut. Bumbu yang digunakan pada lumpia disini menjadi rahasia bagi pengelola karena itu tidak salah lagi jika pak Bondan saja tidak berani berbicara lebih jauh tentang kuliner Semarang satu ini karena memiliki rasa yang fantastis.

  1. Tahu Gimbal Unik

Kuliner Semarang masih memiliki banyak makanan rahasianya, salah satunya adalah tahu gimbal. Pada pengertian umum dari “gimbal” merupakan rambut dari orang Dieng yang tumbuh secara aneh namun berbeda dengan kata “gimbal” dari tahu gimbal ini karena berbentuk adonan tepung yang digoreng dan dicampurkan dengan udang segar. Pada satu porsi dari tahu gimbal ini Anda akan mendapatkan lontong dengan kubis dan tauge yang digoreng tanpa minyak kemudian ditambahkan irisan gimbal yang renyah. Pada penutupnya masih disiram menggunakan kecap dan bumbu kacang yang nikmat. Setelah Anda mencobanya pasti baru sadar jika Anda sudah menghabiskan 2 porsi lebih. Anda bisa datang ke tempat yang menjual gimbal ini di Jalan Abdurahman Saleh depan Ramai Swalayan. Jangan datang terlalu malam karena dikhawatirkan Anda tidak akan kebagian porsinya.

  1. Pisang Plenet Khas Semawis

Kuliner Semarang selanjutnya adalah pisang plenet. Biasanya Anda melihat olahan pisang yang dibuat dalam bentuk gorengan atau berupa topping saja, berbeda dengan pisang plenet yang ada di Semarang ini karena cara membuatnya dengan dibakar dan “diplenet”. Arti kata “diplenet” adalah ditekan sampai pipih. Rasa bakarannya sungguh menggoda, masih ditambah lagi dengan gula halus, meises, parutan keju, dan susu cair pada satu porsinya. Sudah terbayang kenikmatan jika Anda memakan makanan satu ini? Jika Anda sedang di Semarang atau sekitarnya bisa mengarahkan kendaraan Anda di Jalan Semawis, Semarang. Banyak menu lainnya yang bisa Anda dapatkan dari Foodfest jalan Semawis tersebut.

  1. Legenda Sang Leker Paimo

Dari katanya saja sudah mengerikan apalagi dari rasa yang ditawarkan oleh leker Paimo ini. Biasanya leker dibuat dengan campuran pisang dan susu yang manis ditambah lagi dengan rasa renyah dari kulitnya. Berbeda dengan Leker Paimo ini karena memiliki rasa unik dari asin, gurih, pedas, dan manis. Leker Paimo begitu spesial karena dibuat menggunakan campuran bahan dan sayuran yang segar, ada juga tuna dan sosi sebagai pelengkapnya. Walau sedikit keluar dari konsep leker pada umumnya tidak membuat pelanggannya menjadi berkurang, sebaliknya banyak yang datang dan ketagihan untuk mencoba leker Paimo ini. Anda diharuskan mengantri cukup lama untuk mendapatkan pesanan Anda karena sangat ramai sekali. Leker Paimo berlokasi di Jalan Karang Anyar No. 37, Semarang.

  1. Kuliner Semarang Dari Nasi Gandul

Hidangan satu ini jangan pernah sampai melewatkannya karena Anda akan rugi besar. Cita rasa dari nasi gandul memang tidak ada yang mengalahkan. Pada satu porsinya Anda akan mendapatkan nasi gurih, suwiran daging ayam, sambal goreng, krecek, dan telur. Lebih lengkap lagi ketika campuran tersebut disiram dengan kuah lezatnya yang terbuat dari santan. Terbayang dipikiran Anda bahwa makanan tersebut masih panas dengan aromanya yang kuat. Anda bisa menambahkan lauk yang Anda suka seperti sate telur, sate ayam, dan lainnya. Cara memakannya pun juga sangat unik karena alas yang dipakai terbuat dari daun pisang dengan sendok yang menggunakan daun pisang juga. Jawara dari nasi gandul ini ada di Jalan Dr. Cipto No. 12A, Semarang dengan nama Nasi Gandul Pak Memed.

Santapan Kuliner Semarang Yang Menjanjikan

  1. Bandeng Presto

Selain Anda bisa menikmati sajian kuliner secara langsung, Anda juga bisa membawa kuliner satu ini menjadi oleh-oleh untuk disantap di rumah Anda. Bandeng memiliki karakteristik tubuh yang dipenuhi dengan duri halus sehingga untuk memakannya dengan cara digoreng saja akan mengganggu saat masuk ke dalam mulut. Orang Semarang punya rahasianya yaitu bandeng presto yang bisa Anda nikmati tanpa takut tertusuk duri, sebaliknya duri tersebut memiliki tekstur yang lunak dan sangat enak, seluruh tubuh dari bandeng presto tersebut bisa dimakan semua. Anda bisa langsung datang ke pusat bandeng presto yang ada di Jalan PAndanaran, Semarang. Disini juga menjual olahan makanan lain seperti bebek presto dan ayam presto.

  1. Kuliner Semarang Wedang Tahu

Santapan ini hanya bisa Anda nikmati di Semarang yaitu wedang tahu. Kata “wedang” berarti minuman sehingga jika Anda mengartikannya menjadi minuman tahu. Banyak dari Anda pasti bertanya-tanya mengapa tahu dibuat sebagai minuman. Jangan salah karena Anda tidak akan menemukan tahu pada hidangan ini. Minuman tersebut terbuat dari susu kedelai yang dicampurkan dengan agar-agar sehingga tercipta “kembang tahu”. Campuran lainnya seperti cengkeh, kayu manis, kapulaga, jahe, dan gula aren membuat minuman ini sangat cocok jika dinikmati saat dingin melAnda. Berlokasi di daerah Jalan Semawis semakin mudah dijangkau dari berbagai arah. Disini terdapat menu lain seperti wedang kacang, wedang roti, dan wedang kacang ijo.

  1. Nasi Kucing Pak Gik

Jika di Jogja Anda mengenal angkringan maka di Semarang Anda juga akan mengenal nasi kucing. Sama halnya dengan yang dijual di Jogja menampilkan cita rasa nasi bungkus dengan berbagai gorengannya. Nasi Kucing Pak Gik ini hanya buka mulai tengah malam saja dari jam 11 malam sampai jam 3 namun ketika jam 12 sampai jam 1 dini hari Anda berpotensi kehabisan dan diharuskan menunggu setoran nasi selanjutnya. Memang mengerikan karena dalam sehari saja bisa menjual sampai ratusan bungkus nasi dalam beberapa jam saja. Jangan sampai menyerah karena akan ada banyak orang yang rela berdesakan untuk mendapatkan satu nasi bungkusnya. Nasi Kucing Pak Gik menjadi salah satu dari daftar tempat kuliner Semarang yang direkomendasikan untuk Anda.

 

Kuliner Semarang memang tidak ada habisnya jika terus dibahas karena masih banyak tempat lain yang harus Anda kunjungi untuk berburu kuliner. Bagi warga Semarang sendiri sudah terbiasa dengan hidup berdesakan untuk mendapatkan harga makanan yang murah dengan rasa yang super enak karena itu sudah menjadi lifestyle orang disini untuk hobi makan. Layaknya seperti berburu di hutan beramai-ramai akan mudah Anda jumpai di tempat ini, yang terpenting adalah jangan menyerah untuk mendapatkan satu porsi saja dari tempat makan di Semarang tersebut.