Inilah Waktu yang Tepat Mengganti Oli Motor Honda Beat Injeksi

mengganti oli
Inilah Waktu yang Tepat Mengganti Oli Motor Honda Beat Injeksi
Rate this post

Kebutuhan akan oli tentunya hal mutlak yang harus dilakukan oleh setiap jenis kendaraan, salah satunya Honda Beat Injeksi. Cairan pelumas inilah yang sangat diperlukan guna menunjang kelancaran pada mesin motor ataupun komponen lainnya yang terdapat di dalam motor.

Berbagai cara bisa dilakukan agar tetap menjaga kualitas oli motor, hal yang paling sederhana yaitu dengan berkendara secara wajar atau tidak ugal-ugalan di jalan raya., melakukan servis motor rutin, dan melakukan penggantian oli secara rutin.

mengganti oli

Kegunaan oli yakni sebagai pelumas dan perapat antar komponen supaya mesin bisa berjalan secara baik dan terbebas dari segala gangguan. Selain itu oli motor juga berfungsi untuk mengurangi gesekan antara komponen mesin satu sama lain, sebagai pendingin dari panas yang dihasilkan oleh proses pembakaran yang terjadi di dalam silinder dan dari gesekan antar komponen, sebagai perapat celah antara piston dengan silinder, sebagai peredam getaran dan suara kebisingan yang ditimbulkan dari benturan piston, batang piston dan juga poros engkolnya, oli juga berfungsi sebagai pembersih kotoran hasil antar komponen mesin serta sebagai anti karat.

Pentingnya Penggantian Oli Secara Rutin

Seperti yang sudah diketahui, oli mempunyai beberapa fungsi penting guna menjaga performa dan kondisi mesin motor tetap baik. Oleh karena itu, semakin bagus kualitas oli yang melekat dalam mesin motor tentunya akan semakin bagus juga performa mesin yang dihasilkannya. Perlu diperhatikan, Anda tidak boleh sembarang dalam memiih jenis oli motor dan tidak boleh berganti0ganti merk oli karena bisa merusak mesin motor. Pastikan sesuai yang telah direkomendasikan oleh pabrikan motor Honda.

Kapan Waktu Terbaik Dalam Mengganti Oli Motor Honda Beat Injeksi

Proses penggantian oli pada motor Honda umumnya dilakukan sekitar jarak tempuh 4.000 km, akan tetapi pada motor baru penggantian oli dilakukan lebih cepat. Agar dapat menjaga performa mesin tetap stabil, ada baiknya haru mengganti oli motor Anda dengan rutin setiap 2 bulan sekali atau jarak tempuh 2.000 km.

Anda juga harus memperhatikan beberapa hal dalam mengganti oli motor seperti jangan menyemprotkan lubang oli melalui udara bertekanan karena akan menimbuklan kotoran di area mesin, jangan membuka baut pembuangan oli ketika mesin dalam kondisi panas karena dapat merusak ulir baur, usahakan untuk mengganti ring oli setiap membuka pembuangan oli guna menghindari kebocoran sewaktu pemasangan baut oli, dan lakukan pembersihan filter oli setiap pemakaian 12.000 km.

Itulah beberapa informasi mengenai waktu yang tepat untuk mengganti oli motor Honda Beat, semoga bermanfaat. Apabila Anda ingin berencana melakukan pembelian secara kredit untuk berbagai motor Honda Beat Injeksi bisa langsung hubungi kantor BPR KS dan dapatkan penawaran menarik serta pelayanan terbaik disana. BPR KS